Dr. Zakir Naik Answer: Kenapa harus islam saja yang di ikuti? Bukankah semua agama mengajarkan kebaikan juga



Pertanyaan, Seputar Keimanan:
“Semua agama pada dasarnya mengajarkan kepada para pengikutnya untuk melakukan kebaikan, lantas mengapa setiap orang harus memilih Islam saja sebagai agama, tidak bisakah masing-masing orang mengikuti agama yang lainnya?”

Dr. Zakir Naik menjawab:

1. Perbedaan utama antara Islam dengan agama lainnya
Pada dasarnya, semua agama mendorong manusia untuk berlaku lurus dan menjauhi keburukan. Tetapi Islam lebih dari itu. Ia menuntun kita menuju cara-cara sederhana mewujudkan kebaikan dan menyingkirkan keburukan dari kehidupan individual dan kolektif. Islam memperhitungkan sifat manusia dan kompleksitas masyarakat manusia. Islam adalah bimbingan dari Sang Maha Pencipta. Oleh sebab itu islam juga Dinul Fitrah (Agama Fitrah Manusia).

2. Islam memerintahkan kita menjauhi perampokan dan mengajurkan untuk melenyapkan perampokan

a. Islam menganjurkan untuk melenyapkan perampokan
Semua agama besar mengajarkan bahwa pencurian adalah perbuatan buruk. Islam pun mengajarkan yang serupa. Jadi, apa bedanya antara Islam dan agama-agama lain? Perbedaan terletak pada fakta bahwa islam, selain mengajarkan bahwa mencuri itu buruk, menunjukan cara peraktis menciptakan sebuah struktur sosial di mana orang tidak akan mencuri lagi.

b. Islam menganjurkan zakat
Islam menganjurkan sebuah sistem zakat yang wajib dibayar setiap tahun. Hukum Islam menetapkan bahwa setiap orang yang mempunyai harta simpanan melebih nisab (kadar wajib berzakat), yaitu senilai 85 gram emas atau lebih, harus mengeluarkan 2,5% dari simpanannya itu untuk didermakan setiap tahunnya. Jika setiap orang kaya di dunia ini mengeluarkan zakat dengan ikhlas, kemiskinan akan terhapus. Tidak ada seorangpun mati kelaparan.

c. Potong tangan sebagai hukuman bagi pencuri
Islam memerintahkan hukum potong tangan bagi yang mencuri. Dalam Al-Quran disebutkan dalam Surat Al-Maidah [5]: Ayat 38. 

 “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Orang non-muslim akan mengatakan, “Islam adalah agama barbar dan kejam.” yaa karena kita hidup dizaman modern seakan-akan ini adalah suatu hukuman yang extream bagi mereka yang tidak mengetahui, karena di balik hukuman yang Allah berikan ini, akan adanya kesejahteraan bagi siapa saja yang menegakan hukum potong tangan.

d. Hasil tercapainya kesejahteraan ketika syariat islam ditegakkan
Amerika dianggap sebagai salah satu negara paling maju di dunia. Sayangnya ia juga memiliki angka kejahatan tertinggi di dunia dalam hal pencurian dan perampokan. Andaikan syariat Islam diberlakukan di Amerika, yaitu setiap orang kaya membayar zakat (2,5% dari harta simpanannya yang melebihi 85 gram emas setiap tahunya), dan setiap perampok dipotong tanganya sebagai hukumannya, kira-kira angka pencurian dan perampokan di Amerika akan meningkat, tetap, atau turun? Pastinya akan turun. Diberlakukannya hukum yang tegas semacam itu juga akan menyurutkan niat banyak calon pencuri.

Saya sepakat bahwa jumlah pencurian yang terjadi didunia ini sedemikian besar hingga kalau anda memotong tangan semua pencuri, akan ada puluhan ribu orang yang kehilangan tangan.

Intinya adalah ketika anda menerapkan hukuman ini, angka pencurian akan turun seketika. Calon pencuri akan berfikir berulang kali sebelum membahayakan anggota tubuhnya. Sekedar membahayakan hukuman itu saja nyali mayoritas pencuri akan hilang keinginannya untuk mencuri. Hanya akan ada segelintir orang saja yang mencuri. Karena itu, hanya tangan beberapa orang saja yang dipotong, tetapi berjuta-juta orang akan hidup sejahtera tanpa khawatir adanya pencurian.

Dengan demikian, syariat Islam bisa dipraktikkan dan mencapai hasil yang lebih baik bila dibandingkan menggunakan hukum selain Islam.

3. Islam mencegah pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap perempuan. Islam memerintahkan hijab dan menetapkan hukuman mati bagi seorang yang terbukti melakukan pemerkosaan.

a. Islam menetapkan cara untuk melenyapkan pelecehan seksual dan pemerkosaan
Semua agama menyatakan pelecehan seksual dan pemerkosaan perempuan sebagai dosa besar. Islam mengajarkan hal yang sama pula. Lalu, apa bedannya antara Islam dan agama lainnya? Perbedaan terletak pada fakta bahwa Islam tidak hanya mengkhotbahkan penghormatan terhadap perempuan, atau mengutuk pelecehan seksual dan pemerkosaan sebagai kejahatan serius, tetapi juga memberi panduan jelas tentang bagaimana masyarakat bisa melenyapkan kejahatan semacam itu.

b. Hijab bagi laki-laki
Islam mempunyai sistem hijab. Al-Quran mula-mula meyebutkan hijab untuk laki-laki kemudian disusul dengan hijab bagi perempuan. Hijab untuk laki-laki disebutkan dalam quran surat An-Nur [24]: ayat 30

quran surat An-Nur [24]: ayat 30

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih baik dan lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”

Makna hijab untuk laki-laki di ayat ini berarti, Ketika seseorang laki-laki melihat perempuan dan pikiran kotor atau liar melintas di benaknya, ia harus menundukan pandangannya.

c. Hijab bagi perempuan
Hijab untuk perempuan dalam Quran surat An-Nur[24]: Ayat 31

Quran surat An-Nur[24]: Ayat 31

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan  memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali  yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke  dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka,  atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau  putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau  putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka,  atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Ketentuan hijab bagi seorang perempuan adalah menutup seluruh tubuhnya. Bagian tubuh yang boleh dilihat hanyalah wajah dan telapak tangan. Jika mereka mau, mereka bisa menutup bagian-bagian tubuh itu. Bahkan beberapa ulama berpendapat bahwa wajah juga harus ditutup.

d. Hijab mencegah pelecehan seksual
Mengapa Allah memerintahan hijab bagi perempuan, alasannya disampaikan dalam Quran surat Al-Ahzab[33]: Ayat 59 

Kewajiban berjilbab ada dalam Quran surat Al-Ahzab[33]: Ayat 59
Kewajiban berjilbab ada dalam Quran surat Al-Ahzab[33]: Ayat 59 

“Hai nabi, katakanlah kepada isti-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Al-Quran mengatakan bahwa hijab ditetapkan bagi perempuan agar mereka dikenali sebagai perempuan terhormat dan ini akan menjauhkan mereka dari pelecehan.

e. Amerika Serikat (AS) memiliki angka pemerkosaan tertinggi
Berdasarkan laporan FBI, terdapat 102.555 kasus pemerkosaan sepajang tahun 1990 di Amerika Serikat. Lebih jauh laporan itu mengungkapkan bahwa hanya 16% kasus pemerkosaan yang di laporkan. Sehingga, untuk mengetahui jumlah sesungguhnya pemerkosaan yang terjadi pada tahun 1990, angka yang dilaporkan itu harus dikalikan dengan 5,25. Berdasarkan perhitungan tersebut, akan didapati jumlah yang fantastis yaitu 640.968 kasus pemerkosaan yang terjadi pada tahun 1990. Jika jumlah tersebut kita bagi 365 hari per tahun, kita dapatkan rata-rata terjadi 1.756 insiden pemerkosaan setiap hari.

Laporan yang lain mengatakan bahwa rata-rata 1900 pemerkosaan dilakukan di Amerika Serikat setiap hari. Menurut National Crime Victimization Survey Bureau of Justice Statistics (Departemen Kehakiman Amerika Serikat) pada tahun 1996 saja terdapat 307.000 laporan kasus pemerkosaan. Dengan begitu, 307.000 x 3,226 = 990.322 pemerkosaan terjadi di Amerika. Artinya, rata-rata 2.713 kasus pemerkosaan terjadi di setiap harinya di Amerika. Setiap 32 menit, satu pemerkosaan terjadi di Amerika. Mungkin para pemerkosa Amerika kian bertambah berani.

Laporan FBI tahun 1990 berlanjut dan mengatakan bahwa dari kasus-kasus pemerkosaan yang dilaporkan hanya 10% pemerkosaan yang ditangkap, artinya hanya 1,6% dari seluruh kasus yang terjadi. Dari semua yang ditangkap, 50% dibiarkan bebas tanpa pengadilan. Ini berarti hanya 0,8 % pemerkosa yang diajukan ke pengadilan. Dengan kata lain jika seseorang melakukan 125 kali pemerkosaan, peluang dia akan diadili untuk pemerkosaan hanya satu kali.

Banyak yang menganggap ini tindakan untung-untungan yang bagus. Dan menurut laporan, 50% dari mereka yang menghadapi pengadilan menerima hukuman kurang dari satu tahun penjara walaupun hukum Amerika menetapkan bahwa pemerkosa di ancam tujuh tahun penjara. Hakim bersikap lunak untuk para pelanggaran hukum pertama kali. Bayangkan seseorang melakukan 125 kali pemerkosaan dan peluang mendapatkan hukuman hanya satu kali, dan 50% peluang hakim akan menunjukkan sikap lunak dan menjatuhkan hukuman kurang dari setahun.

f. Hasil terciptanya ke sejahteraan jika syariat Islam di berlakukan di Amerika Serikat
Jikalau syariat Islam di berlakukan di Amerika, setiap kali seorang laki-laki memandang seorang perempuan dan pikiran kotor atau liar melintas dibenaknya, dia akan menundukkan pandangannya, karena menundukan pandangan adalah hijab bagi laki-laki. Setiap perempuan Amerika mengenakan pakaian yang menutup rapat tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangannya. Hukuman mati di jatuhkan kepada anda, apakah angka pemerkosaan di Amerika akan naik, sama saja, atau akan turun?

Islam mempunyai solusi praktis bagi permasalahan umat manusia.

Islam adalah cara hidup terbaik karena ajaran-ajarannya bukan retorika doktriner melainkan solusi praktis bagi permasalahan umat manusia. Islam merupakan cara hidup secara individu maupun kolektif. Islam merupakan cara hidup terbaik karena Islam adalah sebuah agama praktis dan universal yang tidak terbatas untuk kelompok atau bangsa tertentu.

SUMBER ARTIKEL: 
- Dari buku ‘Debat Islam Vs Non-Islam’ Penerbit AQWAM

- Judul Asli buku: Zakir Naik answer to non muslims’ common questions about Islam
- www.irf.net

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top