(Jawaban DR Zakir Naik) Dapatkah manusia menghancurkan seluruh dunia? Bukan oleh sang pencipta!

DR ZAKIR NAIK - Dapatkah manusia menghancurkan seluruh dunia ini? Bukan oleh sang pencipta!
Dr. Zakir Naik Menjawab Pertanyaan yang Sulit
Dapatkah manusia menghancurkan seluruh dunia ini? Bukan oleh sang pencipta! - Dr. Zakir Naik, kembali mendapati suatu pertanyaan sulit, dari seorang Mahasiswa teknik sipil yang bernama Dola. Ia bertanya, dapatkah seluruh dunia ini dihancurkan oleh makhluk, misalnya manusia? Tetapi bukan oleh sang pencipta?

Inilah jawaban DR Zakir mengenai pertanyaan ini? Simak baik-baik perbincangan antara DR Zakir dan Mahasiswa teknik sipil:

Dola (Penanya): NamaKu Dola. Aku seorang mahasiswa teknik sipil. Aku juga meyakini, hanya ada satu pencipta untuk seluruh dunia ini.

Tapi pertanyaanku: Dapatkah mahkluk, misalnya manusia, bukan sang pencipta, menghancurkan seluruh dunia ini? Apakah sang pencipta menyebutkan tentang kehancuran dunia ini?

DR. Zakir Naik: Saudara ini setuju, bahwa hanya ada satu pencipta yang menciptakan jagat raya dan segalanya. Tapi dapatkah pencipta menghancurkan jagat raya ini? Apakah pernah disebutkan? Jika kau membaca Al-Quran, wahyu penutup dan terakhir dari pencipta, Allah S.W.T, disebutkan bahwa dia telah menciptakan jagat raya ini, dan dia akan menghancurkannya pada suatu hari. Dan ketika dia menghancurkannya, Dia akan menciptakan ciptaan baru lagi, jadi dunia ini hanya sementara.

Tuhan akan menghancurkan penciptaannya yang disebut kiamat (Hari akhir). Dan ilmuan masa kini juga berkata bahwa jagat raya ini akan berakhir. Ada banya hipotesis, apa yang dikatakan para ilmuan seperti Black Hole, dan sebagainya. Dan bahkan banyak hipotesis ini sesuai dengan ayat Al-Quran. Misalnya Quran berfirman bahwa matahari dan bulan akan bersatu. Quran berfirman bahwa laut akan bergejolak. Quran berfirman bahwa bintang-bintang akan berjatuhan. Quran berfirman bahwa seluruh jagat raya ini akan berakhir. Dan banyak hal yang disebut sesuai dengan hipotesis yang diajukan oleh para ilmuan. Kenapa hipotesis? Karena ini asumsi, bahwa Al-Quran adalah wahyu terakhir, dan penutup (penyempurna kitab-kitab sebelumnya, taurat, injil dan zabur). Apa yang kita katakan, bagaimana ini disebut dalam Al-Quran oleh pencipta, dunia kan berakhir seperti itu, jagat raya akan berakhir begitu.

Setelah ia berakhir, kita semua akan di bangkitkan, Allah akan menciptakan penciptaan yang baru lagi, kita didunia ini adalah sebuah ujian. Seperti yang disebutkan dalam QS Al-Mulk [67]: 2 “Allah lah yang telah menciptakan kehidupan dan kematian untuk mengetahui siapa saja diantara kalian yang paling baik amalannya.” Jadi disebutkan dalam Al-Quran ini saudara. Jadi apakah kau percaya pada pencipta ini? Apakah kau percaya pada satu tuhan?

Dola (Penanya): Pertanyaan-ku adalah ciptaannya, misalnya manusia. Bukan sang pencipta yang menhancurkan dunia ini.

DR. Zakir Naik: Ahh, saudara ini bertanya apakah manusia juga dapat menghancurkan dunia?

Dola (Penanya): Yaa.. Itulah yang aku tanyakan.

DR. Zakir Naik: Saudara ini berfikir bahwa manusia dapat menghancurkan ciptaan tuhan (Dunia dan Isinya), mereka bisa mencoba tapi mereka tidak akan berhasil. Mereka akan berhasil kecuali dengan izin Allah S.W.T. kita menyadari bahwa ilmuan mengatakan, ciptaan ada dua jenis. Yang pertama adalah dari sesuatu menjadi sesuatu yang lain, yang dilakukan manusia. Kita mengambil pepohonan, kita menebangnya, kemudian membuatnya menjadi kursi dan meja. Itulah yang dimaksud jenis pertama ini, dan tuhan juga melakukannya.

Tapi penciptaan yang lainnya adalah sesuatu dari ketiadaan, hal yang tidak dapat diciptakan oleh manusia, hanya tuhan yang bisa. Hanya Allah yang bisa. Jadi khalaqa dalam bahasa arab mempunyai dua arti, yang satu adalah menciptakan sesuatu dari sesuatu dan Makna kedua dari Khalaqa adalah menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Dan itulah tantangan yang diberikan tuhan dalam Quran Surat At-Tuur [52]: 35 “Atau Apakah mereka tercipta tanpa asal usu ataukah mereka menciptakan (diri mereka sediri)?

Dapatkah kau menciptakan dari ketiadaan? Dan jawabannya tidak. Jadi begitu jika kau berkata “Menghancurkan” kau menghancurkan pohon, maka pohonnya berubah jadi meja & kursi, jadi penciptaan seperti ini dapat dilakukan manusia, kita bisa membuat, menghancurkan dan membangun gedung, kau bisa menghancurkan gedungnya tapi ia akan berubah menjadi suatu yang lain. Hanya Allah S.W.T yang dapat menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Dan dia bisa meniadakan seluruhnya, dimana kita tidak bisa.

Kita bisa mencoba, “Oke kita punya Alat baru, kita bisa menghancurkannya.” Kita tidak bisa menghancurkannya sampai menjadi tidak ada, ini tidak mungkin terjadi sama sekali. Hanya pencipta kita, tuhan kita yang bisa. Itulah mengapa Al-Quran menyebutkan bahwa pencipta kita telah menciptakan jagat raya ini dan dia akan menghancurkannya dan menciptakan ciptaan baru.

Lihat Video lengkapnya, "Dr. Zakir Naik Menjawab Pertanyaan yang Sulit"

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top